Minggu, 07 Oktober 2012

Aku Bisa Membuatmu Jatuh Cinta Kepadaku Meski Kau Tak Cinta Kepadaku #2

Part 2, 'Rama'

Esa segera memasuki kelasnya, kelas xi ipa2. Ruangan masih sepi, tentu saja, soalnya masih jm 6, bel masuk berbunyi jam 6.45. Esa sengaja masuk lebih pagi supaya bisa menyelesaikan tugas kemarin yang belum selesai ia kerjakan sekaligus menunggu seseorang, yaah.. guess who..? Esa menunggunya bukan tanpa alasan, menurut informasi yang ia dengar, (weh.. kayak agen rahasia aja bahasanya) Rama adalah siswa yang cerdas, bahkan saat kelas x dia jadi peringkat pertama paralel di sma x. Ckckck.. bukan main. Pantes aja dia masuk ipa, ga seperti Esa yang.. ehemm.. klo bole jujur sedikit ‘senggol’2 biar bisa msk di kelas unggulan itu, hehehe.... jadi rencananya Esa bakal mendekati Rama dengan dalih tanya tugas yang ga bisa ia kerjain, meskipun tampaknya banyak yang ga bisa ia kerjain si.. 

‘ah cerewet lu,narator.. critain yang bagus2 donk!’,


 eh kok narator di protes, emang sapa loh! 


‘aku pemeran utamanya tauk..!!’


( -_-) well.. well.. oke pemeran utama yang ganteng n pinter, aku ngalah deh. Eh liat tuh sapa yang dateng! 


‘mana..? mana..?’


. sosok yang Esa tunggu dari tadi akhirnya datang juga, Rama memasuki kelas dan berjalan menuju bangkunya di sudut ruangan, sementara Esa sok sibuk mengerjakan tugasnya-yang sebenarnya Cuma coret-coret kertas kosong, biar keliatan rajin gitu.. 


‘ah diem lu!’.


     Beberapa saat kemudian, saat kekuatan Esa sudah terkumpul, mulailah ia beraksi. 


“ck.. susah banget si!” seru Esa sambil mengacak-acak rambut belakangnya, ia lalu menoleh ke arah belakang, kearah bangku Rama.


”ehmm.. kamu..”panggil Esa pada empunya bangku.


 Rama menoleh,woaa... Esa jadi grogi lagi, tenang Esa.. tenang... 


”Kamu sudah selesai belum, tugas yang kemarin?”tanya Esa agak canggung, jantungnya berdebar kencang menunggu respon pertama dari Rama.


”Sudah”jawabnya singkat.


 “Ehm.. aku boleh pinjam nggak? Aku ada beberapa nomer yang ga bisa nih..”tanya Esa lagi, memelas tanpa mengurangi kewibawaan, itulah prinsip Esa, hehe.. 


“Boleh”.


Esa pun sumringah mendengar jawabannya.


“hehe.. tq..”ujar  Esa sambil berjalan menuju bangku Rama, sementara Rama sedang membuka tas pinggangnya dan mengeluarkan sebuah buku. Esa kini berada di depan bangku Rama, dengan canggung ia menggeser kursi kosong yang dulu ingin ia tempati dan kini sudah ia duduki, sesekali Esa melirik Rama yang kini menyandarkan dagu pada tangannya, matanya menerawang kosong ke depan, entah apa yang ia pikirkan. 


“Eemm.. kita belum kenalan ya..? kenalin, aku Esa”kata Esa sambil mengulurkan tangannya yang kini sudah sedingin es.


 Rama menoleh dan melepaskan sandarannya dan membalas uluran tangan Esa,”Rama” dan sejurus  kemudian dia melepaskan jabatan tangannya dan kembali pada posisinya semula, gile.. dingin banget ni orang, ternyata apa yang dikatakan teman2 yang lain ga Cuma isapan jempol, emang beneran... dingin!


“Hehe.. iya.. mohon kerjasamanya ya”balas Esa sedikit salah tingkah. 


     Kini Esa beralih ke buku yang disodorkan Rama, dia buka lembar demi lembar, dan akhirnya sampai pada halaman tempat tugas kemarin ia kerjakan. 

     
     Tulisannya ga rapi-rapi amat si, tapi jelas. Dari tulisannya Esa bisa tau kalau Rama bukan tipe orang yang telaten seperti dirinya, keliatan dari tulisannya yang terkesan ‘asal jadi’ dan sepertinya ditulis dengan cepat. ini sih kebiasaannya orang2 pinter yang ingin cepat2 menuangkan isi pikirannya, ga kayak orang yg nyontek yang bisa ngukir2 tulisannya dulu, yaa... seperti yang dilakukan Esa saat ini.

 ‘eh, situ punya masalah ya ma aku?!’


 hehe.. si Esa-nya sewot.. ya dah sono kerjain dulu tu tugas, jangan lupa ma tujuan awalmu.. 


‘oh iya.. mesti nyairin suasana nih, masak kaku kayak gini? Ga enak banget’Batin Esa. 


”Eh ram, tadi aku liat kamu jalan ke sekolah, emang rumah kamu dimana?” tanya Esa sambil menulis, meskipun sedikit-sedikit matanya melirik ke Rama.


”Jalan Kapten pattimura”ujarnya agak malas.


”Oh... dekat dong sama aku, aku di Jalan Cut Nyak Dien.”seru Esa agak bersemangat, setidaknya ia tahu kalo rumah Rama ga begitu jauh dari rumah Esa, hanya saja beda persimpangan.


”Hmm..” sahut Rama kian malas, jawaban Rama tadi menyurutkan kembali semangat Esa yang tadi sempat menggebu. 


     Keheningan kembali berkuasa selama 8 menit, tugas Esa sudah hampir selesai, tapi Esa masih belum bisa menemukan topik yang pas untuk dibahas, hampir semua pertanyaan yang ia ajukan hanya dijawab dengan 1-3 kata, singkat banget, dan ga ada feedback sama sekali dari Rama, busett.. susah banget deket ama ni orang, pantesan aja banyak cewek yang keder duluan buat deket ma dia meskipun tampangnya dah sekelas artis film. 


“yah,, kelar, makasi ya ram.. “kata Esa, terpaksa Esa mengakhiri kebersamaannya dengan Rama, Esa sendiri sudah mati gaya duduk disana selama 12 menit.


”ya,,” Sahut Rama datar. 


Esa hanya  bisa tersenyum mendengar respon seadanya dari Rama, iapun kembali ke bangkunya. Baru saja Esa duduk, dika datang, dan beberapa saat kemudian disusul  siswa-siswi lain. Wah-wah.. 6.45 masuk, 6.30 baru datang. 


“eh, tugasmu slesai blom?” tanya dika sambil menghampiri bangku Esa.


”sudah kok”jawab Esa bangga.


Bisa aja lu bangga, hasil nyontek juga.


’crewet,lu!’


 “uizz.. hebat bener,, soalnya kan sulit-sulit, tapi km dah slesai semua”ujar dika kagum saat melihat hasil pekerjaan-lbh tepatnya contekan- Esa. 


     Baru saja dika akan menulis, melani dan Nara datang, disusul dengan sandi yang langsung duduk disamping Esa.


”eh ngerjain apa neh?”selidik sandi sambil melepas ranselnya.


 “tugas kemaren..”jawab Esa santai, dia sudah diatas awan sekarang,hehe... ga percuma datang pagi.


 “oh iya ya, kan sekarang ada pelajaran fisika ya?!”sahut melani yang langsung meletakkan tasnya dan mengambil mengobrak-abrik isi tasnya, “fyuuh... untung aku bawa bukunya”ujarnya cengengesan.


 Esa jadi sanksi apakah semalam dia menata buku peljarannya. Sandi dan Nara pun ambil posisi  untuk menyontek pekerjaan Esa.


“wuih... lengkap euy, pinter juga ya kamu, Sa!”kata melani yang duduk disamping meja Esa, dah pagi sudah Ramai suara geseran bangku.


 “ah ga juga, aku aja nomer yang ini sampe ini nyontek”sahut Esa merendah, lagian mang gitu kenyataannya, dika, melani dan sandi mentapnya keheranan.


”nyontek sapa?” tanya dika.


 Esa pun menggelengkan sedikit wajahnya kearah Rama, membuat ketiganya terperangah.


”beh? Yakin?! Nekat amat?!”celetuk sandi. 


Esa keheranan,”loh, emang kenapa?”


“ya.. nekat aja kamu minta contekan sama orang dingin kayak gitu”ujar sandi yang kini mulai menyalin pekerjaan Esa.


”emang napa? Dia baik kok, cuma pendiem aja”ujar Esa dengan nada sedikit protes, “iya kan mel..? lo.. mel..?”


Esa melongo ketika melani sudah ga ada disampingnya, dan ketika dia menoleh di sudut ruangan, ternyata melani sudah berdiri di bangku Rama. Terdengar jelas bagaimana melani memohon untuk dipinjami buku tugasnya.


‘ih,, genit banget si melani’ujar Esa sewot, -dalam hati tapi-, dan Esa melihat anggukan kepala Rama dan menyodorkan buku tugas yang tadi Esa salin.


    Melani tampak sumringah dan langsung duduk disamping Rama. Esa jadi gemas pada melani, ada-ada saja yang melani lakukan untuk menarik perhatian Rama.


”wuih.. Rama pinter deh, bagi dikit lah,kepinterannya ke melani..”


‘ah, situ aja yang bego,, heh? Dibagi? Emang pizza.dibagi2?’


 “eh, yang ini apasih, tulisannya?”


‘perasaan, tulisannya g jelek2 amat deh, masi jelas. Situ kali yang mesti pke kacamata! Kcmata kuda skalian’


 “ram, jelasin lagi dong.. rumus yang ini.. ga paham2 aku..”


'woaa.. nyontek, nyontek aja..!! ga usah banyak tanya!’ 


     Esa menggerutu terus dalam hati dan lebih terkejutnya lagi melihat Rama dengan ikhlasnya mengajari melani, meskipun tetap dingin, tapi Esa bisa melihat melani menikmati momen itu, mungkin yang ada dalam pikiran melani  'ya Tuhan... kenapa ga dari dulu aja, aku gini ya?’. 


     Tampaknya ga Cuma Esa yang memperhatikan tingkah melani, dika n sandipun geleng2 melihatnya.


“wuih... dasar melani, tau ada peluang langsung main serobot aja” celoteh dika. 


sementara sandi menggumam pelan.”hah.. enaknya jadi cowok ganteng”.


     Esa jadi muak, ia alihkan pandangannya kembali ke mejanya dan Esa melihat Nara. Nara yang diam, tangannya sedikit gemetar dan menulis dengan cepat, entah kenapa Esa jadi mengerti apa yang Nara rasakan, perasaan yang sama dengan Esa saat ini.


 ‘sabar Nara,,’ gumam Esa dalam hati.


 Esa tahu kalau Nara benar-benar menyukai Rama tapi tak sanggup ia ungkapkan, terlebih lagi sahabatnya sendiri menyukai orang yang sama. Yah... Esa hanya menghela nafas panjang dan setelah itu, bel masuk pun berbunyi.


Bersambung..

1 komentar: